Rabu, 30 Mei 2012

Aksara Jepang


     Bahasa jepang memiliki beberapa jenis huruf yaitu hiragana, katakana dan kanji. Tentu saja ke semua jenis huruf itu memiliki perbedaan dalam penggunaanya. Kalau nggak berbeda ngapain juga dikasih nama yang berbeda,berikut perbedaan fungsi dan penggunaan semua jenis huruf bahasa jepang tersebut :
  1. Huruf Hiragana dulunya digunakan oleh para wanita jepang (makanya bentuk tulisannya halus). Sedangkan penggunaanya adalah untuk :
  • kata keterangan
  • Perkataan dimana kanjinya lama tidak digunakan atau bahkan sudah tidak diketahui
  • digunakan untuk situasi yang formal. 
    Berikut adalah contoh contoh huruf hiragana dan cara pembacaannya :
    2. Huruf katakana adalah huruf yang biasanya digunakan  oleh kaum lelaki (makanya bentuknya lurus-lurus). Digunakan untuk kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang kemudian diserap menjadi bahasa jepang. Berikut adalah contoh huruf katakana dan cara pembacaan :

Di bawah ini adalah contoh lain penulisan kata menggunakan Katakana.

RADIO =
ラジオRAJIO
SHIRT =
シャツ SHATSU
MILK =
ミルク MIRUKU (L=R, vokalnya diambilkan U)
AMERIKA =
アメリカ AMERIKA (bunyi E tetap E)
SEMARANG =
スマラン SUMARAN (bunyi E* menjadi U)
RAHMAT =
ラマト RAMATO / ラーマト RAAMATO / ラフマト RAFUMATO
TRIWAHYONO =
トリワヒヨノ TORIWAHIYONO
ANDRI =
アンドリ ANDORI
GEORGE =
ジョージ JOOJI
FIKRI =
フィクリ FIKURI
    3. Huruf kanji adalah huruf yang berasal dari resapan bahasa cina yang juga memiliki 2 cara baca yaitu unyomi (cara baca yang mengikuti tata cara bahasa cina) dan kunyomi (cara baca yang mengikuti tata cara pembacaan bahasa jepang) yang memiliki banyak sekali karakter.Huruf kanji dipakai untuk melambangkan konsep atau ide.Karena memiliki banyak karakter maka saya hanya menyebutkan contoh saya.Selain itu ada juga huruf romaji yang merupakan sistem alihaksara.
 Sekian udah dulu ya kapan kapan kita bahas lagi wassalam
.

Tidak ada komentar: