Rabu, 15 Februari 2012

Manfaat Tanaman : Kecubung

   Kecubung
   Adakah ada di antara kalian yang pernah melihat bunga kecubung?seperti apa bentuknya? dan apakah kalian tahu khasiat dari tumbuahan kecubung? Pada entri ini saya akan membahas secara mendetail tentang tumbuhan kecumbung.

  Kecubung merupakan tumbuhan perdu yang tingginya dapat mencapai 2 meter atau lebih. Batangnya berwarna hijau kecoklatan,yang memiliki banyak cabang mengembang ke kanan dan ke kiri membentuk ruang yang lebar.

   Daun kecubung berbentuk jantung dengan pola tulang daun yang terlihat jelas. Ukuaran daun kecubungcukup besar yakni 10-18 cm dan lebarnya 8-10cm yang letaknya saling berhadapan. Bunga kecubung bentuknya seperti terompet bewarna putih atau lembayung yang berbau harum. Buah kecubung berbentuk bundar dengan bagian luar yang dihiasi duri duri dan bagian dalam yang berisi biji biji kecil bewarna kuning kecoklatan.
   Kecubung hidup di daratan rendah sampai dengan ketinggian 800 meter di atasa permukaan laut. Tumbuhan ini dapat kita temukan sebagai semak semak di ladang ladang atau dapat juga di tanamdi pekarangan rumah. Tanaman kecubung dapat di budidayakan dengan cara di stek ataupun melalui penanaman bijinya yang sudah tua.

  Kecubung mempunyai banyak mamfaat antara lai dapat menyembuhkan radang anak telinga, bisul, rematik, pegal linu, eksim dan masih banyak lagi yang lainnya. Berikut adalah beberapa cara penggunaan kecubung pada bebbagai penyakit :
a. Bisul
    Petiklah daun atau bunga kecubung, cuci bersih lalu tumbuklah sampai
    halus. Tempelkan hasil tubukan tersebut ke tempat yang terkena bisul.
b. Rematik
    Sediakanlah daun kecubung dan minyak kelapa. Daun kecubug di remas
    remas sampai layu, olesi dengan minyak kelapa, lalu bakar di atas api.
    Terakhir tempelkan daun hasil bakaran tadi pada bagian yang sakit saat
    hangat.
c. Sakit pinggang
    Ambilah 4 lembar daun kecubungdan kapur sirih secukupny. Tumbuklah
    kedua bahan tersebut sampai halus dan buatlah adonan. Gunakan
    adonan sebagai param dan gosokkan pada bagian yang sakit.

  Cukup  segini dulu ya penjelasannya soalnya kalo dijelasin semunya gak bakalan ada habisnya. Thanks for reading. Jangan lupa di komennya ya !

Tidak ada komentar: